Sabtu, 17 Oktober 2015

Persebaran Hindu-Buddha Di Indonesia Menurut Teori



A. Persebaran Hindu-Buddha di Indonesia Menurut Beberapa Pendapat atau Teori
  
1. Teori Ksatria,diutarakan oleh Prof.Dr.Ir.J.L. Moens berpendapat bahwa yang membawa agama Hindu-Buddha ke indonesia adalah kaum ksatria atau golongan prajurit,karena adanya kekacauan politik atau peperangan di India abad 4-5M maka prajurit yang kalah perang terdesak dan menyingkir ke Indonesia bahkan diduga mendirikan kerajaan di Indonesia.

a.)Kelebihan : Semangat berpetualang dan menaklukan daerah lain,pada saat itu umumnya dimiliki oleh para ksatria (keluarga kerajaan)

b.)Kelemahan : Tidak menguasi bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa.

2 2. Teori Waisya, diutarakan oleh Dr.N.J.Krom berpendapat bahwa agama Hindu-Buddha masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum pedagang yang datang untuk berdagang ke indonesia, bahkan diduga ada yang menetap karena menikah dengan orang indonesia.

 a.) Kelebihan : Pedagang tentu membutuhkan area perdagangan yang luas agar lebih untung.

 b.) Kelemahan : Tidak menguasai bahasa Sanskerta dan Huruf Pallawa/

33. Teori Brahmana,diutarakan oleh J.C.Vanleur berpendapat bahwa agama Hindu-Buddha
masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum Brahmana karena hanya kaum Brahmana yang berhak mempelajari dan mengerti isi kitab suci weda. Kedatangan kaum Brahmana tersebut diduga karena undangan penguasa atau kepala suku di Indonesia atau sengaja datang untuk menyebarkan agama Hindu-Buddha ke Indonesia.

a.) Kelebihan : Menguasai bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa dan hanya kaum Brahmana yang   bisa melakukan upacara khusus untuk menjadikan seseorang menjadi pemeluk Hindu-Buddha(Vratyastoma).

b.) Kelemahan : Terdapat pantangan bagi kaum Brahmana untuk menyeberangi lautan.
  
44.   Teori Sudra/Arus Balik, menyatakan bahwa agama Hindu-Buddha masuk ke Indonesia dibawa oleh kasta sudra. Mereka datang ke Indonesia dengan tujuan mengubah kehidupan karena di India mereka hanya hidup sebagai pekerja kasar dan budak.

a.) Kelebihan : Ingin memperbaiki hidup,salah satu caranya adalah pergi ke tempat lain seperti Indonesia.

b.) Kelemahan : Tidak menguasai bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa, kasta sudra umumnya tidak  memiliki ilmu pengetahuan/pendidikan.

B. Mengapa Rakyat Indonesia Mudah Menerima Ajaran Hindu-Buddha

Karena ajaran Hindu-Buddha melalui proses akulturasi yang dimana memiliki kepercayaan yang hampir sama dengan nenek moyang indonesia seperti menyembah dewa,melakukan ritual,dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar